Sabtu, 29 Oktober 2022

Event Pameran

 Heloo, selamat datang kembali di blog saya lagi. kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu Festival Pemasaran.



     Festival Pemasaran merupakan market terbesar dalam bidang pemasaran dimana setiap para pembisnnis dapat menunjukan produk nya disana. Biasanya festival ini diadakan oleh suatu komunitas lokal dalam waktu tertent dimana bertujuan untuk promosi dan melakukan tawar-menawar.


Tujuan Festival Pemasaran diadakan agar para pembisnis dapat meningkatkan Brand Awareness, menjangkau lebih banyak prospek potensial, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Akibat nya produk tidak hanya dikenal oleh publik tetapi juga memenuhi target penjualan yang ditetapkan,



Apa saja yang perlu diperhatikan dalam meengadakan event  ?

Pertama, menentukan jenis event apa yang akan diselenggarakan. Selain menentukan jenis event yang akan diselenggarakan, kita juga perlu menetapkan tujuan dari penyelenggaraan event tersebut agar lebih terarah dan jelas tujuan yang hendak dicapai. Selain itu, pertimbangkan juga tema dan konsep acara karena dapat menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan sebuah event.


Kedua, Tentukan tim yang kuat, buat pembagian tugas yang jelas dan terarah, pengalaman menjalankan event, teliti dan kritis, berani mengambil keputusan.


Ketiga, kita perlu membuat rencana anggaran biaya untuk mengeksekusi event tersebut. Pembuatan rencana anggaran biaya harus jelas dan realistis. Selain itu, dalam penyusunan anggaran biaya ini kita juga perlu menetapkan anggaran cadangan apabila terjadi suatu hal / kebutuhan lain yang tidak terduga-duga. 

Keempat, Kemasan event yang baik akan memberikan nilai positif kepada penyelenggara untuk dapat mencari sponsor. Pertimbangkan kerjasama dengan berbagai sponsor yang memiliki basic seperti dengan event yang akan diselenggarakan dan perlu dipertimbangkan juga kerjasama dengan media partner. Selain itu, lakukan promosi dan publikasi menggunakan berbagai media untuk penyebarluasan informasi event yang diselenggarakan. 

Kelima, Setiap event yang akan kita selenggarakan kita perlu menetapkan venue yang dapat diakses oleh banyak orang. Pengunjung / peserta yang datang ke lokasi acara tidak mengalami kesulitan untuk akses ke lokasi. Pertimbangkan juga venue yang dipilih dapat mengakomodasi kepentingan event.

Keenam, Saat event sudah selesai diselenggarakan, jangan lupa membuat evaluasi dari tim yang telah dibentuk sebelumnya terhadap penyelenggaraan event dari awal dari akhir event. Evaluasi ini memuat hal-hal yang berkaitan dengan kepanitiaan, keunggulan dan kelemahan penyelenggaraan event, hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan serta kepuasan/ketidakpuasan pengunjung/peserta terhadap penyelenggaraan event.


oke, samapai disini dulu yah semua, semoga semua yang membaca artikel ini sehat selalu yah. oh iya semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat. terima kasih dan sampai jumpa👌🙏














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Lokasi Usaha

 Hello all, selamat datang di halaman blog saya, kali ini saya akan membahas bagaimana memilih lokasi untuk mendirikan suatu usaha (masih be...