Senin, 06 Juni 2022

Perencanaan Pemasaran

 Halo guys kembali lagi di blog saya

 Kita akan membahas PERENCANAAN PEMASARAN 


Kami menjual bermacam-macam pakaian dari berbagai brand,  beberapa diantara nya ada Zoya, Polo, Contry Fiesta, dll. saya akan jelaskan 3 nama brand pakaian yang kami jual yang diminti pembeli di dalam bisnis kami.

1. Polo

    Kaos polo atau polo shirt sudah menjadi populer sebagai salah satu jenis pakaian pada abad 20. Penampilannya yang semi formal membuat kaos polo dijadikan standar pakaian informal untuk berbagai macam pekerjaan. Karena kaos jenis ini semakin populer, maka jenis kaos polo pun semakin banyak. Namun karena kurangnya informasi tentang jenis kaos polo ini, maka banyak pembeli yang bingung menentukan jenis mana yang cocok dengan gaya mereka, Ada 3 jenis kaos polo pria yang banyak disukai oleh pembeli. Jenis yang pertama adalah kaos polo formal. Polo shirt ini sangat nyaman, bisa mengurangi bau, dan bagus karena dipakai untuk kegiatan formal bagi pemain golf, atlit, dan karyawan. Jenis yang kedua adalah kaos polo campuran. Kaos polo pria jenis ini tahan terhadap noda, tahan lama, dan memiliki harga yang masuk akal. Walaupun kaos polo campuran ini tidak cocok untuk diprint, tapi sangat baik untuk dijadikan seragam bekerja. Kaos polo jenis yang ketiga adalah kaos polo katun. Polo shirt sangat nyaman untuk dipakai dalam berbagai kegiatan, tetapi memiliki kekurangan seperti mudah mengkerut, tidak tahan noda, dan mudah lecek.

2. Zoya

    Zoya adalah salah satu brand busana muslim di Indonesia yang menjadi pionir hijab dan pakaian muslim sejak 2005. Dari tahun ke tahun Zoya selalu melakukan inovasi desain dan cerdas dalam memilih teknologi baik untuk tekstil maupun desain.

3. Contry Fiesta

    Country Fiesta, didirikan sejak pada tahun 1981, bersemangat untuk mendorong standar kelas dunia dalam pembuatan pakaian berkualitas di semua pasar.Komitmen kami yang konsisten terhadap kualitas dan kepedulian telah membantu kami membangun jaringan distribusi yang luas dan mendapatkan kepercayaan dari department store besar, gerai ritel yang mapan, dan butik desainer di seluruh Indonesia. Kami memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pengembangan teknis yang unggul, kontrol kualitas yang ketat, dan output berkualitas tinggi.

HARGA 

    saya akan memberikan rincian harga sesuai pasaran (umum) tapi tenang di toko kami akan di berikan potongan harga yang besar bahkan lebih murah dari harga pasaran nya (umum).

1. Polo

Kaos Polo Men's Top CLARK 3-WHITE Polo    Rp. 99.900,-

Kaos Polo Tolliver Button Detail Polo Shirt      Rp. 120.000,-

Kaos Polo WALRUS - Polo Solid                     Rp. 200.000,-

    


2. Zoya
 
Zoya Sachi Scarf     Rp.105.000,-
Zoya Lupine Outer Rp. 188.000,-
Zoya Zoey Pants    Rp. 200.000,-
Zoya Zenni Dress    Rp. 350.000,-
Zoya Qian Dress  Rp. 250,000,-
 
 3. Contry Fiesta
T-shirt Black 01MTY24120    Rp. 120.000,-
Jacket Taslan Grey                Rp. 300.000,-
Kemeja Biru Lengan Pendek   Rp. 150.000,-
 
LOKASI
kami mempunyai 2 lokasi dagang, tapi lebih ramai di depok dibandingkan di cipanas 
-Depok
    Perumahan D'palm Residence Rt.02 Rw.12
-Cianjur
    Plut UMKM Cianjur 
 
PROMOSI
Kami memasang di iklan di Facebook, Instagram, dan omong ke omong.
 
STP (Segmentasi, Targeting,Positioning)
 
Segmentasi
Segmentasi pasar pada produk Pakaian (Zoya, Poshboy, Polo, dan lainnya).
·         Segmentasi demografis produk ini adalah dipasarkan ke semua orang, dari semua kalangan tanpa memandang tingkat ekonomi maupun pendidikan.
·         Sementara segmentasi geografisnya menyasar ke konsumen di wilayah perkotaan maupun pedesaan, karena ini adalah kebutuhan primer.
·         Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada semua kalangan, yang ingin tampil keren dapat percaya diri dengan menggunakan pakaian kami. Mereka tetap bisa tampil secara maksimal namun dengan harga yang tetap terjangkau.
·         Perilaku. Mendasarkan segmen pasar dengan mengelompokkan orang berdasarkan cara mereka menggunakan produk, loyalitas akan produk atau manfaat yang mereka cari.
 
Targeting 
Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran. Untuk melakukan langkah ini kamu harus mampu berpikir secara realistis. Kamu harus mengevaluasi potensi dan daya tarik dari segi komersial pada masing-masing segmen yang telah dikelompokkan tadi. 
Dengan begitu kamu bisa melihat kesesuaian antara sumber daya yang dimiliki dengan target segmen yang dinilai paling potensial membawa keuntungan bagi brand dan perusahaan.
Strategi yang dilakukan  dalam memutuskan target pasar adalah dengan memperhatikan ukuran atau besarnya segmen yang telah dipilih. Segmen pasar yang dipilih untuk dijadikan target pasar adalah Remaja, Dewasa dan Orang tua, karena target utama tersebut dianggap memiliki tingkat pertumbuhan penjualan yang tinggi karena harga yang ditawarkan masih mudah untuk dijangkau. Remaja dan Dewasa saat ini tentu memiliki keinginan dalam menjaga penampilan untuk terlihat keren dan trendi dipergaulan maupun dilingkungan sekitar.

Positioning Ide Bisnis
Positioning adalah cara yang dilakukan perusahaan dalam merancang citra produk untuk memperoleh posisi yang baik di benak konsumen. Berikut  positioning mengunakan beberapa variabel antara lain: 
a. Atribut Merek 
-Zoya adalah salah satu brand busana muslim di Indonesia yang menjadi pionir hijab dan pakaian muslim sejak 2005. Dari tahun ke tahun Zoya selalu melakukan inovasi desain dan cerdas dalam memilih teknologi baik untuk tekstil maupun desain
-Poshboy adalah brand lokal. Sudah sejak tahun 1989 Poshboy menjejakan kakinya di bisnis retail fashion Indonesia dan hingga kini eksistensinya tetap terus terjaga. Jika membicarkan sejarah Poshboy tak lepas dari image brand polo shirt yang melekat sejak bisnis ini dijalankan oleh Irwan Widjaja.
-Polo, Merupakan sebuah brand fashion asal Yankee, Amerika Serikat, yang didirikan oleh seseorang bernama Ralph Lauren. Saat itu, apa yang ditawarkan oleh Polo Ralph Lauren Indonesia original adalah kaos polo yang pastinya sudah banyak kamu lihat sejauh ini
b. Harga dan Kualitas
Salah satu keunggulan produk di atas yaitu, desain pakaian nya yang trendi, keren dan harganya terjangkau (kami juga selalu meberikan diskon). Selain itu, keunggulan dari kualitas AVOSKIN ini tidak diragukan lagi banyak sekali kalangan remaja, dewasa dan orang tua yang cocok menggunakan produk ini.
 
 

Sekian pembahasan tentang Perencanaan Pemasaran, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca. 


 

 
    Rp 329.000,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memilih Lokasi Usaha

 Hello all, selamat datang di halaman blog saya, kali ini saya akan membahas bagaimana memilih lokasi untuk mendirikan suatu usaha (masih be...